My Mama always said you've got to put the past behind you before you can move on. -forrest gump-

Wednesday

GULA LEMPENG..Cemilan saat tiada makanan, dijamin bikin kenyang dan sehat.


 Cara membuat :
Pergilah ke pohon lontar terdekat untuk di sadap airnya, penyadapan akan membutuhkan waktu hampir sehari penuh. Dan untuk hasil nira atau Due yang banyak dibutuhkan lebih dari 1 pohon lontar.
Setelah air hasil sadapan buah lontar di dapatkan, air tersebut di masak pada wadah priuk tanah atau alumminium (lebih modern dan lebih mudah didapatkan).
Dibutuhkan waktu 4-5 jam untuk memasak Due sehingga menjadi cairan kental yang disebut Gula Sabu.
Sementara memasak nira, daun lontar bisa dibersihkan dan dibuat cetakan berbentuk bulat. Tapi jangan sekali-kali lupa untuk mengecek due yang sedang dimasak. Pastikan api tidak mati, dan kekentalannya merata.
Setelah nira tersebut sudah masak, nira akan mengental berwarna coklat. Cairan kental yang dikenal sebagai Gula Sabu itu dituangkan ke dalam cetakan daun lontar yang telah di sediakan. Tunggu hingga kering.

Hasil gula lempeng yang sudah mengering dimasukkan kedalam toples dan hindari cahaya langsung yang dapat membuat gula tersebut meleleh.


Tips :

-Siapkan tenaga, banyak makan dan tidur karna memanjat pohon lontar yang berjumlah lebih dari 1 tidak mudah.
-Bagi yang berada di luar Sabu (karna beta do hawu) , jangan terlalu banyak berharap bisa mengolah gula lempeng sendiri. Bisa meminta bantuan sodara-sodara yang di NTT untuk dikirimkan gula lempeng.

No comments:

Post a Comment