My Mama always said you've got to put the past behind you before you can move on. -forrest gump-

Saturday

Cepat sembuh anakku sayang....mama butuh kamu.

Lelaki kecil itu sedang terlelap.
Dengkurannya sempurna.
Nafasnya teratur.
Matanya tertutup rapat tanda nyenyak.
Dia belum juga bergerak dari posisi awal dia tertidur.


Saya berada beberapa jengkal di sebelahnya. Hanya kami berdua dirumah saat ini. Semuanya pergi dengan keperluan masing-masing.

Natal tidak boleh ikut hambar

2 hari menjelang natal...seharusnya bahagia bukan?? Tapi kenapa malah terasa hambar begitu saja...


Hambar!!

Kata itu ajaib sekali.

Dalam sekejab merubah semua kalimat-kalimat bermakna menjadi seonggok kotoran sapi.

Friday

Jejaka-jejaka bercelana gantung yang Tuhan kirim

Kramat Lontar. 
Jalanan berdebu.
Lalulalang kendaraan yang tidak pernah berhenti.
Hentakan mesin bajaj saat berusaha melewati undukan polisi tidur yang ada tepat didepan rumah saya.
Teriakan tetangga.
Sumpah serapah ibu pada anaknya yang terjebak dalam ruangan sempit penyewaan video game.
Pedagang keliling yang tanpa enggan berteriak di hampir setiap rumah. 
Terpaksa harus berteriak. Adu audio antara manusia dan mesin kendaraan kerap terjadi dijalan ini.

Menyerah untuk Menyerang

Jaman kecil dulu ada satu permainan yang disebut "MAEN BENTENG". Permainannya sangat sederhana, dua kubu dengan masing-masing anggota akan saling menyerang dan menangkap. 

Apabila anggota kubu lawan tertangkap maka akan dimasukkan penjara. Nah nanti sisa orang yang anggotanya sudah tertangkap harus membebaskan temannya yang dipenjara.

Wednesday

KEMBAR SIAM YANG BERMUSUHAN

picture taken from google

Perlu 2 butir panadol buat menghilangkan sakit kepala saya. Itu juga cuma ngefek dalam 3 jam pertama. Sesudahnya, ya balik lagi sakit kepala. 

Monday

"Good boy Adolf, selamat istirahat ya"

 Senin 7 November 2011

Saya bangun agak telat hari ini. jam 6.30. Efek begadang semalem bikin badan sama mata berat buat diangkat. Tapi terpaksa harus bangun. Kalo tidak, yah siapa yang nyiapin perintilan si bocah buat sekolah?

Sedikit diseret-seret, kaki menuju pemanas air buat susu, trus lanjut manasin air mandi, nyiapin sarapan, terakhir ya membangunkan boss kecil ini. Yang ini lebih berat lagi buka matanya. Cara paling ampuh adalah mukanya dilap pakai air. hehehe...langsung melek walaupun marah.

Tuesday

Adolf and school

Adolf was very excited yesterday, He liked to walk around to explore the classroom. When he was introduced to the material knobbed Cylinder, he was very interested and focused and he worked with 3 sets of blocks (the activity was to find the right for varying size cylinders)



He also explored the geometry materials learning names of geometric shapes such as circle, square & triangle.

He then worked with models animals with his friends. Adolf also helped to tidy up the classroom by pouring the beans & corn to the containers.


1 November 2011

Monday

LIDAH JINGKRAK-JINGKRAK DI MBAH JINGKRAK ...


Minggu siang....
Secara menu makanan, tidak berbeda dengan restoran-restoran prasmanan lainnya. Yang unik adalah bagaimana si pemilik restoran mempertontonkan semua koleksi-koleksinya sebagai suasana di restoran ini.

Thursday

SEGALA NAKARA




(all pictures hasil googling, keyword "NAKARA")
nah kalau NAKARA TA adalah nama sabu saya...yang artinya KERTAS
Entah bagaimana mereka mengkategorikan sebuah nama. Saya selalu dijelaskan tapi tidak pernah paham...hehehe...
jadi panggil saja Nakara atau Elta kalau kurang terbiasa....




Wednesday

GULA LEMPENG..Cemilan saat tiada makanan, dijamin bikin kenyang dan sehat.


 Cara membuat :
Pergilah ke pohon lontar terdekat untuk di sadap airnya, penyadapan akan membutuhkan waktu hampir sehari penuh. Dan untuk hasil nira atau Due yang banyak dibutuhkan lebih dari 1 pohon lontar.
Setelah air hasil sadapan buah lontar di dapatkan, air tersebut di masak pada wadah priuk tanah atau alumminium (lebih modern dan lebih mudah didapatkan).
Dibutuhkan waktu 4-5 jam untuk memasak Due sehingga menjadi cairan kental yang disebut Gula Sabu.
Sementara memasak nira, daun lontar bisa dibersihkan dan dibuat cetakan berbentuk bulat. Tapi jangan sekali-kali lupa untuk mengecek due yang sedang dimasak. Pastikan api tidak mati, dan kekentalannya merata.
Setelah nira tersebut sudah masak, nira akan mengental berwarna coklat. Cairan kental yang dikenal sebagai Gula Sabu itu dituangkan ke dalam cetakan daun lontar yang telah di sediakan. Tunggu hingga kering.

Hasil gula lempeng yang sudah mengering dimasukkan kedalam toples dan hindari cahaya langsung yang dapat membuat gula tersebut meleleh.


Tips :

-Siapkan tenaga, banyak makan dan tidur karna memanjat pohon lontar yang berjumlah lebih dari 1 tidak mudah.
-Bagi yang berada di luar Sabu (karna beta do hawu) , jangan terlalu banyak berharap bisa mengolah gula lempeng sendiri. Bisa meminta bantuan sodara-sodara yang di NTT untuk dikirimkan gula lempeng.

RUJAK MANGGA SERUT

Bahan-bahan:
3 buah mangga muda (tergantung banyaknya pasukan)
10/lebih cabe rawit (kalau ada lombok padi lebih mantap)
Gula Sabu (banyaknya sesuai selera)

Cara membuat :
Serut mangga menggunakan pengupas kentang
masukkan cabe yang sudah diulek 1/2 halus
tambahkan Gula sabu sesuai selera
Masukkan dalam lemari pendingin selama 1 jam

Sajikan selagi dingin


tips :
-Pilihlah mangga yang masih muda agar tidak hancur saat di serut.
-Siapkan obat pencegah sakit perut seperti dipet dan sejenisnya.
 
 

Tuesday

Yang sudah selesai, ya selesai!!

Coba saja letakkan bingkai disekitar bagian tembok yang rusak ini, sebuah karya seni baru telah lahir.
Buku "Cacing dan kotoran kesayangannya" sudah cukup lama ada di kamar kakak saya. Dulu saat melihat gambar sampul buku itu saya pernah terpikir untuk membacanya, tapi selalu saja rasanya ada hal lain yang lebih penting untuk dilakukan. Kira-kira setelah lewat 2 tahun berapa bulanlah baru saya benar-benar punya niat membaca. Bisa dilihat saya membutuhkan waktu yang lama untuk sadar dan melakukan sesuatu yang berguna...hehehe...

Thursday

Calvin and Hobbes strips (25 favorite strips)

Ratusan komik telah diterbitkan di surat kabar. Kebanyakan sangat menggemparkan, namun sisanya biasa-biasa saja. Ada sekitar empat atau lima strip komik yang bagus dalam sejarah dunia. Jadi jika ada yang mengatakan Calvin dan Hobbes adalah komik strip terbaik yang pernah ada, itu tidak benar-benar bisa dibuktikan.

Wednesday

Beberapa sendok susu dengan sedikit kopi..

Sebuah gelas bulat berbentuk bola golf dengan tangkai menyerupai tee golf menjadi teman setia selama 3 hari ini. Empat sendok susu (mix coklat & fullcream) dicampur satu sendok kopi flores beraroma mocha, bikin mata juga setia menemani tubuh yang harus ekstra lembur. 

Seraya mengaduk pelan dan mencampur keduanya menjadi satu, saya (seperti biasanya) mulai menyusun kata-kata yang tepat untuk menggambarkan rasa minuman ini.

Monday

Pondasi-pondasi Gereja

Perjalanan Cimanggis-Kramat Lontar  terasa lebih panjang. Antrian macet masuk di pintu tol membuat saya pesimis akan sampai tepat waktu di gereja. Lirik sebentar jam digital di handphone, 16.15. 

Saya punya waktu sedikitnya 1 jam untuk sampai rumah dan bersiap untuk bertemu bocah-bocah sekolah minggu. Berita bom bunuh diri jadi topik menarik sore itu, lumayan juga menghilangkan ngantuk saat macet. 

Thursday

Negeri monyet-moyet kecil

"tung ning tang ning....
tung ning tang ning....
tung ning tang ning....
tung ning tang ning....
"


Dentingan itu menarik di kuping. Anak-anak kecil berlari keluar dari rumahnya. Beberapa anak sekolah berhenti berjalan. Kepala-kepala terjulur dari pagar yang hanya dibuka sedikit. Tukang jahit keliling menghentikan hentakan mesinnya. Semua menatap pada satu arah. 

Pertunjukan telah dimulai

Tuesday

USE IT WELL!!!

Ungkapan ini bisa untuk segala medan perkara. Waktu, cinta, keuangan, keluarga,dan berbagai hal sepele atau rumit yang pernah ada di bumi ini.

Saat menginjak bangku SMP, mama belum terlalu khawatir dengan masa-masa pacaran. Bukan karna

Thursday

LOG IN FACEBOOK AND EARN MONEY!!

Sehari-hari berapa kali sih kita update status dalam sehari? daripada cuma update status mending gabung dan dapet duit sambil fb an. Ayo gabung sekarang.GRATISSSSSS!!!!!!Gak pake modal alias cuma teliti baca petunjuk yg ada biar gak salah ngejawab pertanyaannya. baru gabung beberapa jam saya menghasilkan $59.
So what are you waiting for????

 klik link dibawah :

Sunday

5 menit di Raden Saleh

Sore itu seperti sore-sore sebelumnya, dari rumah, memutar ke sentiong. Disitu agak sedikit terhambat oleh antrian kendaraan yang melintasi rel kereta. belok kiri dan masuk ke jalan utama. Mengambil jalur kanan

Saturday

Selamat hari ibu untuk seluruh ibu karena setiap hari adalah hari ibu!!!!


Banyak hal terlewatkan...hmm...beberapa bahkan kebanyakan orang menganggap saat seorang memilih untuk memiliki anak dia akan melewatkan banyak hal..,,

Saat beberapa teman sedang

Thursday

Gooosfrabaaaaaaaaa........(Types of Anger: 12 Most Common Types of Anger)

It goes without saying that, anger is one of those emotions that can be destructive and lead to various problems if it goes unnoticed. Although it can be tough sometimes, with the various types of anger around, recognizing when anger first occurs, is a key factor in determining what to do when it rears its ugly head.
Here are 12 of the most common kinds of anger. See if you recognize any of them.

hey kamu, betapa ajaib kamu merubah hidup saya!!SELAMAT ULANG TAHUN ANAKKU...MAMA LOVE YOU!!

Jakarta, 11 Agustus 2011
 
Kembali ke 3 tahun lalu, 11 Agustus 2008...jam 8.37 pagi, well saya sudah tidur2an di kamar pemeriksaan YPK. Kontraksi masih setiap 15 menit sampai stengah jam...baru juga bukaan 3..masih juga sempet pesen gado-gado ke restorant depan rumah sakit..tapi waktu

Wednesday

EKSPRESI TANPA EKSPRESI

"ma, orangtua teman2 sekolahku selalu punya lagu wajib setiap hari, kadang dengan piring terbang dan makian. mama dan papa juga punya?"

Friday

lihat!! bulan pun tak ingin kamu sedih!!

Jakarta, 15 Juli 2011

Selamat malam Jakarta, bulan tak lagi satu malam ini. ada dua bulan melambaikan tangannya kearahku. aku balik melambai. ku sunggingkan sedikit senyum diujung bibir.
hmm.. mengapa malam ini mereka begitu ramah padaku?

Sunday

Hancurnya nilai sebuah kejujuran

-Kejujuran hanya sebuah titik kecil yang harus disimpan rapat dalam sebuah peti besi dengan berlapis-lapis gembok raksasa agar tidak berhasil keluar-

A boy called Ferdy..

picture taken from google
strong boy he is..
run fast as wild deer
talked dirty like a naughty gear..

keep trying to perfect ur relationship with ur children!!

Stop trying to perfect ur children....
keep trying to perfect ur relationship with them..

Thursday

tentang banyak berpikir dan garis hidup



TO : Semua gari-garis hidup yang mewarnai setiap detik perjalanan. Kalian sangat berarti, buat saya, dia dan mereka.....

Dia bukan umar Bakri..

Lelaki paruh baya itu masuk pekarangan rumahku tanpa ijin terlebih dahulu. Kami pun tidak pernah merasa terganggu dengan kehadirannya. Memakai seragam kuning dan celana biru selutut dengan gesit dia mengangkat semua sampah yang telah tertumpuk selama 2 hari.

Saturday

Hidup itu....tetap indah!!

setiap helaan nafasmu...
setiap senyum yang hadir di bibirmu walau hanya sesaat...

Thursday

Perempuan-perempuan negara Burung Garuda

Jakarta, 21 April 2011


Kepada semua Perempuan-perempuan negara Burung Garuda ini......

Perempuan telanjang ataupun berbusana....

...Every child is a gift, some just open their package earlier.....

Kenapa juga terburu-buru buka kadonya?? kan belum waktunya untuk buka kado??belum juga tiup lilin...tamu-tamu juga blm pada pulang....
nah loh....

Monday

Adakah yang lebih Ajaib dari ini??


4 orang berdiri menjaga seorang wanita tangguh yang sebenarnya penjaga dari ke-4 orang yang berdiri itu..inilah penghargaan atas ketangguhannya menjaga kami...

Lezat dan sehatnya Bunga pepaya....mari makan!!!

         Berterimakasihlah pada Tuhan atas indera perasa yang masih sempurna, sehingga kita masih bisa merasakan betapa lezatnya tumis bunga pepaya ini...oooooohhhhh.....


Hidup bagai sepasang sepatu yang mulai usang, berhenti sejenak untuk memandangi ujungnya yang makin terkelupas? ataukah terus berjalan walau kadang bahkan sering terdengar bunyi berdenyit-denyit saat air mulai tergenang didalamnya...




bedroom...
18 April 2011

Friday

......NORMAL GAK?????



Malam itu hujan turun deras sekali. hmm...yah akhirnya kita terjebak di bawah tenda minimart kuta. gak bisa kemana-mana.
yah maklumlah, tiket PP gratisan hasil simpaty seorang sahabat

Thursday

INILAH DIA...

video

RUNAWAY.......


-Apa yang sedang dipikirkan bukan sesuatu yang harus dipikirkan...jadi berhentilah memikirkan yang tidak perlu dipirkan....-







                                                                                                            Jakarta, 14 April 2011

Friday

Menangis untuk bahagia..

Jakarta
8 April 2011

Saat boneka tersayang rusak ditangan saudaramu...jangan menangis
Saat gigimu belum juga tumbuh...jangan menangis
Saat teman main menertawakan rambut kusutmu...jangan menangis

Thursday

Jangan Terlambat

tidak boleh menangis
tidak boleh merajuk
tidak boleh meraung
tidak boleh mendengus

Wednesday

bijaksana atau bagaimana?aahh...apa sajalah!!

Keajaiban kecil yang tertanggung hanya berputar-putar tak jelas hendak kemana..
ada satu pertanyaaan sederhana yang terus memutar-mutar di otakku.. bagaimana aku akan pergi nanti?
berbicara pada lawan main hanya bertahan beberapa detik, selebihnya kembali lagi untuk berperang dengan urat nadi dan syaraf otak yang mulai melelh karna terpaan angin malam.
aduh, seandainya mata ini bisa kugadaikan kepada penjual sepeda itu pastilah pohon akan mengayunkan dahannya tanpa mau berpikir kapan dia akan mati.

Monday

Sampai kapan semua ini akan berakhir?

Tinggal ditengah ibukota yang penuh dengan berbagai tawaran tidaklah mudah untuk Mira, seorang gadis belia 16 tahun yang juga berasal dari keluarga ekonomi bawah. Tinggal dalam ruangan sempit 4x4meter dan harus ditempati bersama ibu ayah dan keempat adiknya yang masih kecil.

Friday

Berapa lama lagi ya?

Jakarta 11 maret 2011

Baru saja pulang dari kampus diruang nonton ada yogi yang lagi nonton tv, metro tv memutar berita gempa terhebat di jepang dengan video hanyutnya gedung-gedung yang dilewati air karna tsunami. air mata sedikit lancang mengalir dipipi, terbayang begitu banyak orang yang kehilangan tempat tinggal dan kesulitan untuk mencari makan dan membersihkan diri pada saat genting seperti ini.
Efek gempa jepang dan tsunami

Alkisah sebuah waktu

Waktu lahir
Waktu mengedip
Waktu merangkak
Waktu berlari
Waktu berucap
Waktu belajar

email dari papa...


jakarta, 5 maret 2011

Sore ini papa menelpon hanya untuk menanyakan "sudah baca email dari papa yang baru?", "belum" kataku..yahh..beberapa hari lalu aku mengirimkan beberapa kata singkat padanya melalui email untuk sekedar singgah ke blogku dan mungkin baru sempat kemaren atau hari ini dia membacanya..aku jd teringat

Berpikir Sebelum Menikah


"Sayang," kata suami kepada istrinya, "aku mengundang temanku dan pacarnya untuk makan malam di rumah."

"Apa? Apakah kamu gila? Rumah ini berantakan, saya tidak berbelanja, semua piring kotor, dan aku tidak bisa memasak makanan yang lezat!"

"Aku tahu semua itu."

Thursday

do you know you made me cry??

"...cepatlah besar matahariku...tinjulah congkaknya dunia buah hatiku..."
sepenggal lagu dengan  berjuta kenangan, sedikit mengharu biru mengenang hampir 3 tahun lalu.
saat itu semua terasa masih sangat kelabu, cuma ada sedikit senyum tapi masih saja terasa mengekang kepala..

Wednesday

much younger than ever...

Once upon a time, there life a big grey hippo and a little hairy squirrel. all they do just laughing and launghing. thats why all creature in the jungle called them loney.
One day, when this two bestfriend talking about something really unfunny but they keep laughing and hard to stop the big red piece of heart passed by and asked them a very simple question.
      "excusme, can u both teach me how to laugh that hard. i cant do it on my own. i  had a very bad sense of  humor"

It's never too late to learn

When a new pupil arrived in the music class, all the children burst out laughing.

“You're in the wrong place, granddad!” someone shouted.

“Quiet, children. Meet Mr Boo – I used to teach his children. They grew up a long time ago. Now Mr Boo no longer has to work, and he wants to learn the flute himself,” the teacher explained.

“Can old people really learn?” the children asked in surprise.

Contoh Pejabat Anti Korupsi

Setelah proyek multimilyar dollar selesai, sang dirjen kedatangan tamu bule wakil dari HQ kantor pemenang tender. Udah 7 tahun di Jakarta jadi bisa cakap Indonesia.

Bule: "Pak, ada hadiah dari kami untuk bapak. Saya parkir dibawah mercy S 320."

Dirjen : "Anda mau menyuap saya? ini apa-apaan? tender dah kelar kok. jangan gitu ya, bahaya tau haree genee ngasih-ngasih hadiah."

Kendaraan Di Surga

Tiga pria meninggal dan masuk surga.
Surga mempunyai peraturan bahwa setiap orang baik jahat maupun orang baik akan mendapat kendaraan yang pantas dengan perbuatannya.
Lelaki pertama tiba dan malaikat bertanya, “Berapa tahun kamu menikah?”
Jawab lelaki pertama, “20 tahun.”
“Berapa kali kamu mengkhianati istrimu?”

Jagoan kecilku

Rasanya seperti di lempar ke atas dengan trampolin super dan kembali meluncur kebawah dengan perasaan senang haru takut...
ahhhhhhhh...rasanya bukan seperti itu juga tp mungkin beberapa perasaan-perasaan sekitar itulah yang dirasa saat kau menatap tubuh mungil lucu sedang terlelap disampingmu..
kepala sedikit berputar, hmmm..lagi-lagi tidak tidur. alasan apa lagi kali ini?tidak ada alasan yang benar-benar pas.

Marriage is.............(men version)

Marriage is an adventure, like going to war.
Marriage is a wonderful invention: then again, so is a bicycle repair kit.
Marriage is like a phone call in the night: first the ring, and then you wake up
My wife suggested a book for me to read to enhance our relationship. It’s titled, “Women are from Venus, Men are Wrong.”
When a man steals your wife there is no better revenge than to let him keep her.

Pending story...

Jakarta, 2 maret 2011

Sepenggal cerita selalu terlintas di otakku, dan itu selalu terlintas saat aku sendang berada dalam kemacetan lalulintas jakarta yang wow. hmmm...cerita siang tadi tercipta begitu saja ketika tiba-tiba aku terpikir untuk mengadakan roadtrip bersama beberapa temanku, tentu saja dalam cerita itu adolf selalu ada disampingku. sangat sulit membayangkan sebuah keadaan tanpa ada adolf dalam bayanganku.
Mula-mula aku berpikir untuk mem"pimp my ride"kan evano carmento

bukan bla...bla..bla

hmm...memulai menulis dalam sebuah blog bukan merupakan kebiasaan tapi aku harus mulai bisa menulis apa yang selalu terlintas dalam kepalaku, tentang hidup, tentang cinta atau apapun...
yayayaya..bukan juga latah untuk mempertujukkan kepada semua orang aku suka menulis dan hanya untuk mendapatkan pengakuan...ahhh..intinya aku hanya ingin menulis. segala pendapat orang silahkan saja berpendapat. toh aku juga jarang peduli dengan pendapat orang.

Jealous Sky

Fields of Gold dimainkan berulang kali
kepala dan isinya sudah entah dimana..
tiba-tiba kejenuhan tingkat tinggi mulai menguasai..
kenapa?
rutnitas?
tekanan?